Skip to content

300 Mobil Baru Jejali Paris Motor Show

October 1, 2010

Paris Motor Show (PMS) 2010 Kamis (30/9) yang berlangsung di Porte de Versailles, resmi dibuka untuk para jurnalis dengan  menampilkan setidaknya tiga ratusan mobil baru dan konsep dari berbagai merek.

Sejumlah produsen otomotif kelas dunia menampilkan teknologi terkini. Salah satunya adalah Lamborghini  yang menampilkan Sesto Elemento yang bodinya terbuat dari  Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP). Dengan material baru ini, bobot supercar  hanya 999 kg. Menggendong  mesin V10 yang menghasilkan tenaga 570PS, Sesto mampu melesat dari 0-100 km/jam hanya 2,5 detik dengan kecepatan tertinggi 300 km/jam.

Jaguar mendebut dengan Jaguar CX-75. Supercar racikan Inggris ini bisa dipacu hingga 330 kpj. Torsi puncak mencapai 1.600 Nm dengan kemampuan akselerasi 0 – 100 kpj dalam 3,4 detik. Empat motor listrik bertenaga 195 hp di masing-masing roda menghasilkan tenaga puncak 780 hp.

Tak mau kalah adalah Audi. Di ajang Paris Motor Show ini,  Audi memperkenalkan Quattro Concept. Berbasis platform RS5 yang dipangkas 150 mm, kupe dua penumpang ini memiliki bodi terbuat dari aluminium, kecuali kap mesin dan hatchback belakang yang berbahan serat karbon. Bobot totalnya hanya 1.300 kg.

Tampilan Quattro terlihat beringas, apalagi dipadu dengan diffuser serat karbon plus velg 20 inci. Melongok interiornya bergaya khas model Audi yang konvensional dan minimalis. Aura mewahnya hanya ditunjukkan material kulit di kursi dan trim. Sentuhan modern dengan digital instrument cluster plus MMI display dan innovative multimedia system.

Jantung mekanis menggunakan mesin 5-silinder, 2,5 liter, bertenaga 402 hp serta torsi 480 Nm. Dengan bobot 1.300 kg, untuk menyentuh angka 100 kpj dibutuhkan 3,9 detik.

Pabrikan mobil Jerman lainnya adalah Mercedes-Benz. Pada pameran kali ini, Mercedes menggelar mobil listrik A-Class E-CELL yang merupakan mobil elektrik ketiga Mercedes-Benz setelah smart fortwo electric dan Mercedes-Benz B-Class F-CELL yang dirakit akhir 2009.  A-Class E-CELL mengambil basis A-Class regular dan tidak mengorbankan kelegaan kabin sama sekali.

Tentu saja masih banyak produsen mobil lain yang tampil di Paris Motor Show 2010 ini, seperti Peugeot dengan mobil listrik HR1-nya, Renault dengan DeZir-nya, dan Honda dengan Jazz Hybrid-nya. Pabrikan Jepang lainnya, Toyota memamerkan Toyota Verso-S.

Toyota Verso-S memiliki desain sleek, overhang pendek (depan dan belakang), kabin dan bagasi luas, panoramic sunroof luas. Fokus desain kabin Verso-S adalah sangat ergonomis dan bermutu tinggi. Melihat tampilannya, ada kemungkinan Verso-S akan menjadi pengganti Yaris untuk melalap Honda Jazz.

Paris Motor Show akan berlangsung selama dua pekan diliput sedikitnya 13.000 jurnalis. Boleh jadi dalam dua pekan ke depan, sebagian besar halaman website dari seluruh dunia akan diramaikan dengan berita-berita tentang otomotif dari Paris, Perancis.

From → Auto News

One Comment
  1. honda juga bakal meluncurkan mobil baru yg harganya terjangkau..

    http://adiarianto.wordpress.com/2010/10/27/mobil-honda-seharga-rp92-juta-siap-meluncur/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: