Skip to content

Malaysia Brotherhood Ride 2010 [1/1]

October 22, 2010

Infrastruktur memadai, pemandangan aduhai, sambutan ramah, dan kebersamaan antarbikers, menjadi benang merah touring internasional Malaysia Brotherhood Ride 2010, 8-17 Oktober lalu. Tak hanya menjalin persahabatan antarbikers dari beberapa negara, tetapi juga eksplorasi budaya dan wisata.

Dapurpacu.com menjadi bagian dari touring yang di-organize oleh media setempat World Tour Rider (WTR) bekerjasama dengan Tourism Malaysia. Untuk menjelajah berbagai lokasi di Malaysia, semua peserta harus melalui rute sepanjang 1.020 km. Rute serius dilakukan pada Selasa (12/10), di mana Dapurpacu.com mulai bergabung.

Hari pertama, dari Kuala Lumpur, para peserta yang terdiri dari bikers asal Malaysia, Swiss, Inggris, Russia, India, dan Indonesia menuju empat lokasi bermakna sejarah dan wisata. Berbagai jenis seepda motor dikendarai para bikers dalam touring ini. Mulai dari KTM 950S sampai BMW R1200. Dapurpacu.com sendiri mengendarai Kawasaki KLR 650.

Lokasi pertama yang disinggahi adalah Bukit Melawati, Kuala Selangor. Konon lokasi ini hanya berjarak 20 km menuju Pulau Sumatera. Daerah ini adalah kawasan perdagangan di Selat Malaka. Terdapat mercu suar yang dikenal penduduk setempat sebagai rumah api.

Tapi yang paling menarik dalam touring hari pertama adalah kunjungan ke daerah Sekinchan. Daerah ini adalah lumbung padinya Malaysia. Lebih dari 80% penduduk setempat mampu berbahasa Jawa. Dan memang konon pada mulanya generasi pertama orang yang menempati Sekinchan adalah orang-orang yang hijrah dari Jawa Timur.

Tak heran jika budaya dan kebiasaan orang-orang di sini hampir sama dengan orang Jawa. Mulai dari kesenian Reog Ponorogo, gamelan, jaran kepang, sampai batik. ”Kita ini serumpun dengan budaya yang sama. Tidak patut saling berebut dan klaim,” kata H Ridwan, penduduk setempat. [bersambung….]

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: