Skip to content

All New Honda CBR250R Resmi Meluncur di Thailand

October 27, 2010

A.P.  Honda Co., Ltd., Thailand, hari ini, Rabu (27/10), secara resmi meluncurkan all new Honda CBR250R di Bangkok. Peluncuran sport bike ini sekaligus mengawali penjualan motor  Honda berkapasitas mesin 250cc di pasar ASEAN.

Kontributor Dapurpacu.com di Bangkok, Komar Johari, melaporkan peluncuran dilakukan tepat pukul 13:00 waktu setempat (sama dengan Jakarta) di Zentera Grand (Central World), Bangkok.

Menurut Honda CBR 250R terbaru akan akan diproduksi di Thailand dan mulai dipasarkan pada bulan November 2010. Mesin yang digendong CBR250R dikatakan merupakan produksi dari Thai Honda Maufacturing Co., Ltd. (Thai Honda). Hadirnya model sport ini merupakan yang pertama di produksi di Thailand.

Selain dipasarkan di Thailand dan ASEAN, termasuk Indonesia, CBR250R akan disuplai untuk pemenuhan konsumen di Jepang, Eropa, Amerika Utara, dan Australia. Di Jepang produk ini akan mulai dipasarkan pada tahun 2011.

Menurut Thai Honda, rancang bangun (R&D) CBR250R terbaru dilakukan lewat supervisi Jepang dan Thailand. Penekanan desain dan teknis CBR250R dikatakan sebagai “Sport Quarter for One World, CBR 250R.”

Konsep ini bertujuan agar CBR250R dapat dikendarai oleh semua pengendara di berbagai keperluan, mulai dari pemula hingga yang berpengalaman, termasuk ketika mereka ingin melakukan manuver.

Thai Honda juga dikatakan akan menjadi basis produksi CBR20R–motor yang basisnya telah diproduksi sejak 1976 dan mulai dijual di Jepang sejak 1988 dangan model Cub 100EX.

Hingga Juni 2010 sebanyak 18 juta motor CBR telah terjual di seluruh regional, termasuk Eropa dan Asia. Honda CBR sendiri merupakan hasil desain dan pengembangan teknis yang dilakukan di fasilitas Honda di Kumamoto, Jepang (Dapurpacu.com sempat mengunjungi fasilitas tersebut). Fasilitas ini memang tergolong yang mementingkan aspek kualitas tinggi.

Hal tersebut dapat dilihat dari penerapan full-cowl body yang diusung pada CBR250R. Menurut Honda, untuk membuat konsep tersebut dibutuhkan teknologi terdepan, termasuk memikirkan fungsi.

CBR250R juga diklaim memilingki rangka padat yang dibuat bergaya potongan berlian yang cukup sulit dalam penerapan strukturnya. Dengan penekanan ini maka Honda CBR250R bisa menjanjikan sebuah pengendalian yang mudah, kelincahan saat bermanuver layaknya sebuah sport bike.

Bahkan desain CBR250R juga disinggung sangat baik dalam mengalirkan tekanan udara saat kecepatan tinggi. Hal ini secara langsung akan membuat efek kesetabilan yang lebih baik.

Sementara itu, dalam areal keselamatan, CBR250R telah mengobinasi sistem rem Combined ABS (Anti-Lock Brake System). Fitur ini merupakan yang pertama untuk motor sport di kelas 250cc.

Combined ABS sendiri menjanjikan sebuah kesetabilan ketika pengendara ingin melakukan pengereman. Apalagi sistem ini ikut terkombinasi dengan teknologi Combined Brake System (CBS), sebuah sistem anti-penguncian pada rem depan dan belakang.

Sejauh ini Dapurpacu.com masih kesulitan menghubungi pihak PT Astra Honda Motor (AHM) untuk menanyakan perihal rencana penjualan CBR250R di Indonesia. Namun besar kemungkinan motor seksi ini akan diperihatkan pada Jakarta Motorcycle Show 2010 yang akan dimulai pada 3 November di gedung Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. [dapurpacu]

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: