Skip to content

The New Daihatsu Terios Exotic Trip di Yogyakarta

October 29, 2010

Daihatsu ingin membuktikan kepada konsumennya, sebagai SUV seven seater New Terios ideal dikendarai di dalam kota, piknik ke pantai bahkan di daerah pegunungan. Yogyakarta dipilih sebagai sarana untuk mewujudkan tema “The New Daihatsu Terios Exotic Trip”

Sepuluh unit New Daihatsu Terios MT/AT  disiapkan untuk melakukan perjalanan pada 21 – 23 Oktober lalu. Lepas dari bandara Adisucipto, New Terios langsung digeber menuju Pantai Parangkusumo, sekitar 30 km dari Yogyakarta.

“Kami ingin mengajak wartawan menguji New Daihatsu Terios, mulai dari kawasan pantai, pegunungan dan pusat kota sambil mengenalkan potensi pariwisata Yogyakarta yang sangat menarik dan eksotis ini,”  ujar Elvina Afny, Kepala Pemasaran Domestik ADM, yang  ikut dalam perjalanan ini.

Tak ada konvoi apalagi pengawalan dari polisi. Daihatsu hanya membekali para wartawan dengan sistem navigasi global positioning system (GPS). Dengan alat ini, sebetulnya seseorang sudah dituntun sampai ke tempat tujuan. Nyatanya, tak sedikit yang nyasar.

Arus lalulintas menuju Pantai Parangkusumo tidak begitu padat, dengan rute yang didominasi  trek lurus sehingga kesempatan untuk menguji performa Terios.  Nyaman dan terkendali  itulah kesan pertama yang dirasakan wartawan saat berada di dalam kabin Terios manual maupun matic.

Duduk dibalik kemudi New Terios, pengendara  langsung dapat merasakan efektifitas hasil revisi pada sistem suspensi dan kemudi. Daihatsu Terios mampu membuktikan kestabilannya, saat melaju dengan kecepatan tinggi bahkan bermanuver.

Suara dari luar hampir-hampir tak terdengar,   berkat  lapisan peredam di bagian dalam dasbor. Mendengar  musik di dalam kabin New Terios semakin nikmat.  Penumpang di baris kedua atau di bangku belakang merasa nyaman dan tidak berasa sempit  berkat ruang kaki yang cukup lapang untuk ukuran orang dewasa. Revisi coil spring dan shock absorber menambah kenyamanan dan tidak bikin ajrut-ajrutan.  Namun di kursi baris ketiga, masih terdengar suara knalpot, meski tidak terlalu mengganggu.

Hanya butuh waktu 45 menit untuk sampai di Pantai Parangkusumo. Pantai yang ramai dikunjungi turis lokal maupun mancanegara ini, memang indah. Konon, pantai ini menjadi saksi bisu tempat bertemunya Senopati dan Ratu Kidul.

Di pantai Parangkusumo  ini, para wartawan disuguhi dengan perlombaa ATV.  Sementara yang lain mengabadikan Terios berlatar pantai dengan pemandangan matahari terbenam. Sayang, mendung menggelayut, sehingga foto-foto yang diambil para fotografer  jauh dari maksimal. Jelang magrib, rombongan pun kembali ke Yogyakarta dan menginap di Novotel.

Hari kedua, New Daihatsu Terios 1.5 liter DOHC berteknologi VVT-i ini diajak mengunjungi Candi Ratu Boko di Desa Dawung dan Sambirejo, 19 km dari Kota Yogyakarta. Lokasi kedua candi ini  tidak jauh dari Candi Prambanan. Rute menuju candi dihiasi banyak kelokan, jalan menanjak dan turunan beraspal lumayan mulus, sesekali ditemukan jalan berlobang. Namun dengan karakter SUV-nya, Terios tak mengalami hambatan.

Tak ada gejala melamban, sekalipun menggunakan transmisi otomatis. Saat berada ditanjakan atau turunan, nggak perlu khawatir. Tinggal  menggeser transmisi otomatis dari posisi D ke D3 atau D2 untuk mendapatkan akselesari lebih atau sebaliknya.

Terios manual memiliki akselerasi yang lebih agresif.  Perpindahan dari gigi1 dan 2 lumayan pendek. Itu artinya anda harus buru-buru pindah ke gigi 3 yang  memiliki rentang operasi yang lebih panjang. Terutama di trek lurus, menggunakan gigi lima sangat nyaman, kaki kiri bisa diistirahatkan layakanya menggunakan transmisi otomatis.

Selain itu, power steering membantu kemudi bergerak ringan dan presisi,  sesuai dengan yang diinginkan pengemudi. Pengendara  tidak perlu menguras tenaga saat membelok di tikungan tajam, karena New Terios sudah dilengkapi EPS (Electronic Power Steering). Meski ringan dioperasikan bukan berarti menimbulkan oversteer,  sekalipun dengan kecepatan tinggi ( 70 km/jam) gejala tersebut tidak ditemukan karena suspensi depan sudah mengalami  revisi.

Usai menjajal New Daihatsu Terios di daerah perbukitan, rombongan diajak menelusuri pusat kota menuju Tamansari. Memasuki kawasan Malioboro, lalu lintas padat merayap.  Bagi wartawan yang kebagian Terios  matic, cukup bermain di posisi D.

Lalu bagaimana dengan yang manual?. Keluhan tentang mobil manual menyiksa di jalanan macet, tidak ditemukan di Terios. Tuas transmisi dan pedal koplingnya ringan, mudah dioperasikan. Rasio gigi1 dan 2 pendek dan segera masuk ke gigi 3 yang relatif lebih lebar rentang operasinya. Hasilnya di jalanan macet, mobil tetap lincah bergerak stop-and-go tanpa harus sering-sering pindah gigi.

Dari pusat kota, New Terios diajak menuju  kawasan perkebunan tanaman herbal di utara Yogyakarta, mengarah ke kaki Gunung Merapi. Di  lokasi ini terdapat ratusan tumbuhan obat berkhasiat yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari yang ringan (flu pegal-pegal) sampai berat (jantung, kolestrol, dan sebagainya).

Rombongan kemudian disuguhi minuman khas berupa seduhan jahe merah dengan gula batu. Minuman ini dipercaya sangat berkhasiat untuk menghilangkan rasa capek setelah menjalani aktivitas sehar-hari.

Hari ketiga perjalanan di Yogyakarta,  rombongan wartawan diajak menuju kawasan wisata Malioboro untuk menghabiskan waktu santai bersama. Beberapa wartawan ada yang berkunjung  ke Benteng Vredeburg.

Bangunan peninggalan Belanda ini oleh warga Yogyakarta sering disebut loji karena ukurannya yang besar dengan halaman luas. Benteng Vredeburg merupakan loji tertua di Yogya dan berada persis di seberang Kantor Pos Besar.

Bangunan ini didirikan pada 1776-1778, dua tahun berselang setelah berdirinya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Benteng yang semula bernama Rustenburg itu konon sengaja didirikan di poros Kraton-Tugu untuk mengawasi gerak-gerik Kraton.

“The New Daihatsu Terios Exotic Trip” bersama Daihatsu berakhir di  Mirota Batik, sebuah pusat perbelanjaan kerajinan khas Yogya.

Dengan harga Rp 155,4 juta yang paling murah dan  Rp 194,6 juta varian yang paling mahal, Anda pilih yang mana?

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: