Skip to content

Ini Dia Mobil Obama Saat Berkunjung ke Indonesia

November 8, 2010

Kalau tidak ada halangan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama akan datang ke Indonesia besok (Selasa, 9/11)  dan mendarat di Halim Perdana Kusuma menggunakan Air Force One.  Dari Halim Obama akan menggunakan mobil yang sehari-hari dipergunakan di negaranya.

Mobil kepresidenan AS tak lain adalah Cadillac Presidential Limousine yang diproduksi General Motors. Mobil anti teror ini pertama kali muncul saat inaugurasi Presiden Barack Obama, Selasa (20/1) 2009 di Washington DC, AS. Eksterior mobil Obama masih seperti Cadillac STS dan DTS, tetapi mengalami sedikit perubahan. Namun lampunya masih mirip dengan Escalade, gril dan lampu ekor  juga serupa dengan Cadillac STS.

Cadillac Obama mampu menahan proyektil peluru, mobil dipres dengan menggunakan berbagai logam seperti aluminium, titanium dan material keramik. Pintu setebal 8 inci yang hampir mirip dengan pintu kabin pesawat Boeing 787, dilengkapi untuk menambah keamanan penumpangnya.

Sementara kaca mobil juga tahan peluru, namun tidak ada satupun orang luar yang tahu kemampuan kaca mobil tersebut. Sebagai perbandingan, kaca sejenis yang tebalnya hanya setengah inci saja, mampu menahan peluru pistol kaliber terbesar, Magnum 44, yang ditembakkan dari jarak nol inci.

Jika tebalnya antara 1,25 sampai 1,5 inci, kaca sejenis itu dapat menahan peluru dari senapan serbu. Hantaman balistik akan diserap lapisan kaca dan plastik dan perisai “anti-spall” yang menempel akan mencegah pecahan kaca masuk ke wilayah penumpang.

Bahan yang digunakan untuk “body” kendaraan juga dirahasiakan, tapi biasanya terdiri dari baja “dual-hardness”, aluminum, titanium dan keramik.

Mobil itu tidak punya “sun roof” dan sulit untuk melihat ke dalam kecuali si penumpang menyalakan lampu “fluorescent” .

Ban terbuat dari serat kevlar yang tahan bocor serta velg baja yang masih bisa melaju jika ban terkelupas.

Fitur keselamatan bukan hanya itu saja, di mobil juga tersedia cadangan darah untuk Obama, persediaan oksigen, kamera night vision, gas air mata dan sejumlah fasilitas lain.

Dengan semua perlengkapan itu, walhasil, mobil Obama cukup berat, mobil ini pun hanya memiliki top speed 96 km per jam dan menghabiskan bahan bakar setiap 8 mil per galonnya.

Dari sisi interior, untuk jok seperti halnya Cadillac CTS juga dijahit dengan tangan. Kursi penumpang belakang, sangat luas dengan tempat duduk eksklusif untuk Obama dan staf eksekutifnya.

Logo presiden bordiran ditempatkan di tengah panel jok belakang Limo. Stempel presiden juga tertempel di luar pintu belakang.

Ditambah  Cadillac Obama berarti menambah panjang deretan presiden AS yang menggunakan limo mewah ini. Peran Cadillac dimulai pada Perang Dunia I.

From → Auto News

3 Comments
  1. helo gustomobil , i comment your blog , be a nice blog and greatly. Great for everyone. useful Fokus and Franklin D. Roosevelt content. i will often to read and comment your website.

  2. good molly gustomobil , i read your blog , this a nice blog and greatly. Great for everyone. useful Auto News and William J. Clinton content. i going to often to read and comment your website.

  3. Thanks bro! please you comment my blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: