Skip to content

Avanza Xenia Mobil Paling Laris 2010

November 13, 2010

Avanza dan Xenia, mobil tujuh penumpang hasil kolaborasi Daihatsu dan Toyota, hingga Oktober 2010 merajai penjualan kendaraan roda empat Indonesia. Penyandang mobil keluarga Indonesia, ini nyaris sulit tergoyahkan sepanjang konsumen belum melihat ada produk baru yang lebih segar, baik dari sisi harga mau pun nilai jual kembali.

Apa mau dikata, itulah kebiasaan konsumen Indonesia pada saat akan membeli mobil. Avanza dan Xenia disukai karena dianggap sangat sesuai sebagai mobil pertama. Apalagi kedua mobil bermoncong itu juga dinilai memiliki kualitas cukup baik, irit bahan bakar, harga pun terjangkau, dan jaringan after sales yang kuat di seluruh Indonesia.

Hal yang juga membuat konsumen sangat tergila dengan Avanza dan Xenia karena ternyata nilai jual kembalinya cukup menguntungkan. Kondisi ini serasi dengan karakter masyarakat Indonesia yang masih menilai kendaraan sebagai sebuah investasi. Meski mereka tahu setelah pemakaian dua atau tiga tahun harganya akan menyusut.

Sejak diperkenalkan pada tahun 2004, Avanza dan Xenia praktis belum tergoyahkan. Tak hanya merajai kelasnya, kedua merek ini bahkan masih menjadi mobil terlaris di Indonesia hingga akhir 2009.

Prestasi Avanza dan Xenia terasa semakin komplit ketika banyak media mengukuhkan kualitas produk dan layanan Toyota serta Daihatsu. Berbagai lembaga survei independen pun tak mau ketinggalan memberi mahkota yang hampir sama.

Hingga Oktober 2010, penjualan Avanza dan Xenia semakin tidak tertandingi. Tak salah kalau banyak yang menyebut Avanza dan Xenia sebagai produk fenomenal. Sebagai MPV kelas menengah bawah, sepanjang tahun 2010,  Avanza sudah terjual 118.475 unit. Produk kembarannya, Xenia dalam 10 bulan pertama 2010 sudah terjual 51.809 unit dan menjadi mobil nomor 2 paling laris di Indonesia.

Penjualan Avanza Xenia hingga akhir Oktober mencapai 170.284 unit atau  mengambil 78 persen di segmennya. Sisa yang 22 persen dikuasai beberapa merek lain.

Sepanjang belum ada kompetitor yang bisa menyainginya, bukan mustahil bila Avanza dan Xenia masih akan menduduki posisi paling atas penjualan otomotif nasional. Namun, sampai kapan kedua produk ini  mampu menyandang predikat mobil paling laris di Indonesia?

Avanza dan Xenia sudah memasuki tahun ke-6. Baik Daihatsu maupun Toyota, sudah waktunya memikirkan pengganti kedua produk fenomenal ini. Harapan konsumen tentulah bukan sekadar perubahan facelift.

Sumber Dapurpacu.com di Daihatsu dan Toyota mengatakan awal tahun depan  akan ada kejutan besar buat konsumen di Indonesia. Meski belum berani transparan, media mengendus Daihatsu dan Toyota akan meluncurkan generasi baru pengganti Avanza dan Xenia.

Dugaan media tentu didasari berbagai analisa, di mana salah satunya adalah usia Avanza dan Xenia yang sudah sewajarnya tak sekadar ganti kulit melulu.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: