Skip to content

Rio Haryanto Gugup Saat Berada di Kokpit F1

November 19, 2010

Rio Haryanto akhirnya menjadi pebalap pertama Indonesia yang mencoba mobil F1. Pebalap asal Solo,  ini mendapat kesempatan berada di dalam kokpit VR-01 milik Virgin Racing di Sirkuit Yas Marinas, Abu Dhabi.

 

Dalam gelaran Rookie F1 Test pada 16 November 2010, Rio adalah pebalap termuda dengan usia baru menginjak 17 tahun. Hari itu ada 13 pembalap rookie yang berkesempatan melakukan test mobil F1 yang diusung tim-tim F1 yang lain, seperti Red Bull Racing, Ferrari, Force India, Renault.

Kesempatan Rio menjajal mobil F1 milik Virgin Racing tidak lepas dari prestasinya saat mengikuti GP3, yang mampu menjadi juara di Turki dan podium di Monza (Itali) serta Silverstone (Inggris). Hasil akhir klasemen di GP3, Rio menduduki posisi kelima.

“Ketika saya pertama kali naik ke mobil, saya sangat gugup karena ada begitu banyak orang bekerja dan mengawasi saya. Di GP3 hanya memiliki dua mekanik, tapi di sini ada 15 kru,” ceritanya Rio dalam situs resmi Virgin Racing.

“Pertama-tama saya sangat hati-hati, ketika melintas di track lurus depan tribun utama, saya mulai menekan akselerator supaya lebih cepat. Performa dan pengereman yang luar biasa,” cerita pebalap Kiky Racing ini.

“Ketika saya turun dari mobil kaki saya gemetar dengan adrenalin yang memuncak. Setelah itu saya melakukan diskusi dan kemudian saya kembali ke lintasan untuk kedua kalinya selama 10 putaran, dan saya benar-benar bisa merasakan kekuatan dan downforce besar,” terang Rio.

“Setelah itu saya sangat nyaman dengan mobil, tapi sayangnya kami mengalami masalah gearbox yang  harus menyelesaikan sesi test pada lap 21,” sesal Rio.

Ini adalah pengalaman luar biasa dan betapa beruntungnya saya mendapat kesempatan ini sebagai awal karir untuk terus di dunia balap. Pengalaman  Ini telah membuat saya semakin terfokus dan bertekad untuk bekerja keras dan mencapai tujuan saya menjadi seorang pebalap F1, ” tutup Rio.

From → Auto News

One Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: