Skip to content

Avanza Xenia Wajah Baru dalam Penantian

January 29, 2011

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dengan wajah baru diberitakan akan hadir tahun ini. dapurpacu sendiri sudah menayangkannya beberapa waktu lalu. Namun, sejumlah media online kembali meramaikan berita yang sama, kali ini mengutip pernyataan seorang petinggi sebuah lembaga riset.


Disebutkan salah satu Agen Pemegang Merek (APM)  akan meluncurkan generasi terbaru MPV paling laris di Indonesia pada tahun ini (2011). Pekan lalu, tim dapurpacu.com bertemu dengan Tim Toyota. Dalam perbincangan yang bukan secara khusus membahas perkembangan otomotif di Indonesia, tercetus sebuah pernyataan yang menyebutkan Toyota Astra Motor (TAM) tahun ini tidak akan mengeluarkan produk baru.

Mengacu pada pernyataan itu (jika benar), produk kolaborasi Daihatsu Toyota tersebut belum akan diluncurkan  tahun ini.

Avanza dan Xenia hadir  sejak 2004. Dalam tujuh tahun kehadirannya telah mengalami dua kali fecelift dan sudah waktunya berganti generasi. Siklus MPV di Indonesia biasanya mencapai delapan tahun. Artinya, kalau Daihatsu Toyota akan menggantikan produk fenomenal ini, baru akan dilakukan tahun depan (2012).

Sepanjang 2010, Toyota Avanza  mencatat penjualan 141.799 unit. Angka ini menjadi rekor baru dengan memecahkan penjualan tahun 2009  yang tercatat 100.065 unit. Demikian juga dengan saudara kembarnya Daihatsu Xenia. Di kelas mini MPV ini,  Xenia berkontribusi 55% dari total penjualan Daihatsu di Indonesia atau sebanyak 63.141 unit sepanjang 12 bulan pada  2010 lalu.

Baik Daihatsu maupun Toyota masih sangat yakin, Avanza dan Xenia tahun ini belum akan tergoyahkan sepanjang konsumen belum melihat ada produk baru yang lebih segar, baik dari sisi harga mau pun nilai jual kembali.

Apa mau dikata, itulah kebiasaan konsumen Indonesia pada saat akan membeli mobil. Avanza dan Xenia disukai karena dianggap sangat sesuai sebagai mobil pertama. Apalagi kedua mobil bermoncong itu juga dinilai memiliki kualitas cukup baik, irit bahan bakar, harga pun terjangkau, dan jaringan after sales yang kuat di seluruh Indonesia.

Hal yang juga membuat konsumen sangat tergila dengan Avanza dan Xenia karena ternyata nilai jual kembalinya cukup menguntungkan. Kondisi ini serasi dengan karakter masyarakat Indonesia yang masih menilai kendaraan sebagai sebuah investasi. Meski mereka tahu setelah pemakaian dua atau tiga tahun harganya akan menyusut.

Betul atau tidaknya Avanza Xenia akan tampil dengan wajah baru tahun ini,  atau tahun depan? hanya Daihatsu dan Toyota yang bisa menjawabnya.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: