Skip to content

Januari 2011, Penjualan Avanza 14.495 Unit

February 5, 2011

Toyota-Astra Motor membukukan penjualan tertinggi pada Januari 2011 kendati telah terjadi tekanan laju inflasi dan kenaikan harga kendaraan akibat regulasi pajak baru yang ditetapkan pemerintah Indonesia.

Selama bulan Januari 2011 penjualan ritel Toyota berhasil tumbuh 35,4 persen menjadi 26.355 unit dibandingkan bulan yang sama tahun 2009. Kontribusi terbesar disumbangkan kendaraan penumpang dengan total 24.599 unit, naik 34,7 persen.

Di kelas kelas MPV 4×2 Toyota berhasil meraih penjualan sebesar 19.399 unit , di mana kontribusi terbesarnya berasal dari penjualan Kijang Innova dan Toyota Avanza.

Pada Januari lalu penjualan Toyota Kijang Indonesia mencapai 4.898  atau tumbuh pada kisaran angka 23% dibandingkan pada periode yang sama pada 2010.

Sedangkan kendaraan fenomenal Toyota Avanza sukses mencetak angka penjualan sebesar 14.495 unit atau meningkat sebesar kurang lebih 46,2% dari bulan Januari 2010.

“Perkembangan pasar otomotif nasional masih tetap positif di awal tahun 2011. Kami bersyukur dapat mengawali tahun ini dengan baik di tengah berbagai isu yang kurang kondusif seperti tekanan inflasi dan seputar harga produk dan juga regulasi pajak,” kata Johnny Darmawan, Presiden Toyota-Astra Motor, dalam penyataan tertulis di Jakarta, Jumat (4/2).

“Semoga pencapaian ini makin mendorong kami (Toyota) untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen Toyota,” lanjutnya.

Toyota juga menyatakan bahwa rencana pembatasan BBM bersubsidi oleh pemerintah belum memberikan dampak pada penjualan kendaraan. Haltersebut terlihat dari grafik peningkatan penjualan model-model MPV Toyota yang masih tinggi.

”Pilihan konsumen masih tetap, dan ini juga memberi indikasi konsumen masih percaya dengan efisiensi kendaraan Toyota,” kata Johnny.

Selain Innova dan Avanza,  di kelas SUV 4×2, Toyota melalui Rush dan Fortuner, berhasil mencetak penjualan retail sebesar 2.609 unit, meningkat sekitar kurang lebih 10% dibanding waktu yang sama di tahun sebelumnya.

Toyota Rush dan Fortuner masing-masing mencetak pencapaian retail sales sebesar 1.732 dan juga 877 unit dan berhasil memberikan kontribusi yang baik untuk kelas SUV 4×2 Toyota.

Di segmen pasar mobil kompak, Toyota Yaris berhasil mencetak penjualan retail sebesar 1,377 sepanjang bulan Januari 2011, naik 75,6%.

Seiring dengan semakin kondusifnya dunia industri di Indonesia, di kelas komersial secara total Toyota berhasil mencetak penjualan retail sebesar 1.796 unit, dimana Toyota Dyna berhasil menjadi kontributor terbesar dengan penjualan retail sebesar 1.383 unit atau meningkat sebanyak 89,5% dari bulan Januari 2010.

Sementara di kelas sedan,  total penjualan Toyota meningkatkan dari waktu yang sama di tahun sebelumnya dengan mencatatkan penjualan sebanyak 1,121 unit.

“Pencapaian ini menunjukkan indikasi positif di industri otomotif Tanah Air, semoga awal yang baik ini dapat menjadi pemicu berkembangnya industri Otomotif Indonesia. Terima kasih kepada para pelanggan atas kepercayaan pada produk dan layanan Toyota,” tambah Johnny.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: