Skip to content

Puluhan Ribu Daihatsu Feroza di Recall

April 15, 2011

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) me-recall hampir  52 ribu unit Daihatsu  Feroza produksi 1993-1998, karena ditemukan adanya  potensi keretakan pada check valve saluran buang bahan bakar.

“Kami akan melakukan recall Feroza. Jumlahnya ada sekitar 52 ribu unit,  tepatnya   51.933 unit, ” kata Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia  Tjandra, di Jakarta, Kamis (14/4).

Recall Feroza dilakukan karena adanya  kecelakaan mobil Feroza  di Jepang  tahun lalu. Penyebabnya, tambah  Amel, ada kebocoran pada check valve saluran pembuang bahan bakar,  akibatnya  Feroza di Jepang terbakar.

“Di Indonesia sendiri tidak ada kejadian Feroza terbakar,” ujar Amelia. Selain itu, kata dia, sejak 13 tahun lalu mobil tersebut sudah tidak diproduksi lagi.

Kendati sudah tidak diproduksi lagi,  tambah Amelia, Daihatsu  tetap merasa bertanggung jawab terhadap kualitas mobil yang sudah dipasarkan. Karena itu, ADM menyiapkan Rp8 miliar untuk mengganti komponen Feroza tersebut.

Jumlah itu, menurut dia, sama dengan perkiraaan biaya recall untuk 50 persen atau sekitar 20.000-26.000 mobil Feroza. Penarikan untuk perbaikan tersebut akan dilakukan selama satu tahun mulai 14 April 2011.

“Dana tersebut hanya untuk satu tahun dengan asumsi 50 persen pemilik Feroza yang datang. Namun, kalau jumlahnya ternyata lebih banyak, kami tetap akan melayaninya, meskipun harus mengeluarkan dana tambahan,”  tegas Amelia.

Kepala Divisi Servis Teknis ADM Ahmad Syaufi, menambhkan pihaknya telah memiliki sekitar lima persen atau sekitar 2.600 data pemilik Feroza di Indonesia.

“Untuk mereka, kami akan menghubungi dan akan langsung mengalokasikan bengkelnya untuk pesan tempat perbaikan Feroza,” katanya.

Sedangkan, sisanya, ia mengharapkan pemilik Feroza bisa mengetahui recall dari publikasi di media.

Perbaikan check valve saluran buang bahan bakar hanya memakan waktu sekitar satu jam tanpa biaya apa pun.

Caption Foto: Dari kiri-kanan: M. Sadewo (Quality Assurance Div.Head Executive PT ADM), Lili Herman (After Sales Service Div. Head PT AI-DSO Tbk), Amelia Tjandra (Direktur Marketing PT ADM), Ahmad Syaufi (Technical Service Div.Head PT ADM), dan Rio Sanggau (Domestic Marketing Div.Head PT ADM).

From → Auto News

3 Comments
  1. faiz permalink

    untuk daerah tasikmalaya berlaku juga ????

  2. mndingan di recall dri pada bahaya di jalan

  3. Betul, jd bergegaslah ke dealer terdekat. Gratis yah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: