Skip to content

Test Drive Nissan Juke 2011 di Bali (1)

May 22, 2011

Test drive Nissan Juke kali ini berbeda dari biasa, kalau sebelumya dilakukan berkonvoi, kini peserta yang semuanya wartawan itu bebas menentukan pilihan. Mau ikut konvoi atau tidak terserah, yang penting sampai di tempat tujuan,  Bedugul dan Pecatu.

    

“Kami sudah membekali para peserta media test drive dengan GPS, rutenya sudah di setting, jadi tinggal mengikuti petunjuknya saja. Lagi pula kalau konvoi terlalu panjang dan akan mengganggu lalu lintas,” jelas Teddy Irawan, Vice President National Sales and Marketing PT NMI saat Media Briefing di pelataran Hard Rock Hotel, Kuta, Bali.

Sebanyak 15 Nissan Juke disiapkan NMI untuk mengangkut 45 wartawan dari berbagai media elektronik, cetak dan online yang  sepanjang hari itu, Senin (16/5) akan menguji kemampuan mesin HR15DE berkapasitas 1.500 cc di Bali. Satu Nissan Juke diisi sedikitnya 3 wartawan.

Perjalanan dimulai dari Hard Rock Hotel, Kuta dengan tujuan Bedugul.  Keluar dari pelataran parkir Hard Rock, peserta media test drive sudah berhadapan dengan kondisi lalu lintas yang padat dan merayap. “Beruntung gak pakai acara konvoi,” ujar teman satu mobil dengan dapurpacu.

Mengandalkan GPS, para peserta tidak perlu khawatir nyasar.  dapurpacu.com bersama dua media lain yang berada di mobil nomer 14, memilih untuk tidak masuk dalam konvoi. Alasannya, kami tidak ingin diribetksn dengan kondisi  lalu lintas di Kuta, yang hari itu sangat padat.

Mengusung mesin yang sama dengan Nissan Livina, kami langsung dapat merasakan tarikannya yang sangat responsif.  Mesin yang digendong Juke memang sudah mengalami pengembangan  melalui dual injection system dan twin CVTC,  ditambah lagi dengan transmisinya  yang  telah menggunakan generasi terbaru  Xtronic CVT, membuat teman yang berada di balik kemudi semakin percaya diri.

“Powernya mencapai 114 Dk, sedang Livina hanya 109 Dk, jadi lumayan besar untuk sebuah cross over, “  kata Teddy Irawan, saat menjelaskan dapur pacu Nissan Juke.

Juke, tambah Teddy sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru Nissan,  yaitu The Integrated Control System (I-CON). Teknologi ini berperan sebagai pusat perintah utama (central command) dan penyedia informasi yang berguna bagi pengemudi. I-CON menggabungkan kendali pengatur udara (A/C), dengan fitur drive selector, yang memudahkan pengendara Juke memilih 3 opsi mengemudi sesuai dengan kebutuhannya

Kondisi  jalanan padat merayap  di beberapa kawasan yang dilalui, memaksa kami untuk mengaktifkan   fitur  ‘changeable driving mode’  yang memiliki tiga pilihan;  Normal, Sport dan Eco. Masing-masing mode memiliki settingan engine, transmission, steering dan climate yang berbeda.

Pengemudi tinggal memilih ketiga driving mode sesuai dengan kondisi lalu lintas dan keinginan, yang terpampang di layar display di tengah dasbor.  Cukup dengan sentuhan halus. Mode normal, misalnya,  sangat cocok untuk menghadapi kondisi lalu lintas sehari-hari, baik seperti jalanan di Bali maupun Jakarta atau kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Mode sport akan lebih cocok difungsikan saat pengemudi ingin mengembangkan kecepatan lebih. Perpindahan dari mode normal ke sport, langsung bisa dirasakan.

Mode eco akan sangat bermanfaat digunakan saat anda ingin berkendara secara efisien, misalnya  melalui lalu lintas yang tidak memerlukan kecepatan tinggi, seperti berada di alam pedesaan atau pegunungan. Hal ini juga sudah disesuaikan dengan suhu udara di dalam kabin yang akan secara otomatis terasa lebih hangat, sesuai dengan prinsip eco. [bersambung..]

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: