Skip to content

Test Drive Nissan Juke 2011 di Bali (2)

May 22, 2011

Setelah lepas dari kawasan Kuta, kondisi lalu lintas sepertinya sudah bisa diajak kompromi untuk lebih mengembangkan kecepatan. “Oke, kita coba menggunakan mode sport,” kata saya kepada teman yang duduk di belakang stir.

    

Saat tombol ditekan ke mode sport, mobil langsung berakselerasi. Makin lama, kian kencang, bahkan dalam hitungan menit kecepatannya sudah mencapai lebih dari 100 km per jam.

Wush…wush, Juke melesat dan menyalip mobil-mobil lain, sayangnya, kecepatan seperti itu tak berlangsung lama, ketika kami ingin menambah  kecepatan lagi, di depan arus lalu lintas sudah mulai tersendat-sendat.  Saatnya,  mode sport dialihkan ke posisi normal lagi.

Lepas dari kemacetan, Juke kembali melaju dengan kecepatan tinggi, melalui kawasan Seminyak,  Sempidi, Baturiti.  Seperti yang disampaikan Teddy Irawan, jalur yang kami lewati sangat beragam, mulai dari kemacetan, jalan menanjak dan menurun, bahkan dengan tikungan tajam.

Sejauh itu,  Nissan Juke sama sekali tidak menemukan hambatan. Pun ketika menyalip beberapa mobil yang ada di depan, bahkan terkadang dengan jarak yang sangat tipis, namun teman saya yang berada di balik kemudi sangat yakin dengan performa Juke. Selain mengandalkan mesin 1.500 cc-nya, Juke juga didukung  dengan transmisi otomatis yang  menggunakan konstruksi continuously variable transmission (CVT) dengan teknologi Xtronic terbaru.

Transmisi  ini punya keunggulan dalam kenyamanan. Saat terjadi perpindahan gigi, pengemudi maupun penumpang tidak merasakan adanya hentakan. Bahkan dalam kecepatan tertentu, electronic power steeringnya secara otomatis akan terasa lebih berat, kondisi ini akan membuat pengemudi semakin percaya diri.

Tiba di kawasan Bedugul, rombongan langsung diarahkan ke sebuah rumah makan.. Satu rute berhasil dilalui dengan selamat tanpa hambatan, setelah makan siang perjalanan akan dilanjutkan ke Denpasar dan  mampir di dealer Nissan.

Namun, rute kali ini akan melewati jalan pedesaan di kawasan Jatiluwih. Menurut Teddy, rute ini sengaja dipilih untuk menguji suspensi Nissan Juke. “Jalannya kecil, rusak, menanjak dan menurun, namun viewnya bagus untuk lokasi pemotretan,” tambahnya.

Benar  apa yang dikatakan Teddy. Jalan  masuk ke kawasan Jatiluwih selain kecil, banyak berlubang dengan kondisi aspal  halus, kasar, bahkan hancur alias banyak lubangnya.  Namun berkat suspensi tipe mac pherson strut di depan dan torsion beam di belakang plus  stabilizer,  Juke  mampu meredam manuver-manuver mendadak yang dilakukan pengemudi.

Sayang karena suspensinya agak keras, ruang di dalam kabin terasa  berisik. Padahal pelek dengan ring 17 inci dan ban dengan profil 55 sudah sangat mumpuni.

Lepas dari kawasan  Jatiluwih, Juke langsung melesat melewati  jalanan beraspal mulus, menuju dealer Nissan di Denpasar.  Mode sport pun  diaktifkan kembali untuk mencapai kecepatan yang diinginkan.

Dari Denpasar, mobil diarahkan ke kawasan Pecatu sebagai tujuan akhir perjalanan test drive Nissan Juke di Pulau Dewata.

Giliran dapurpacu.com yang duduk di belakang kemudi. Setelah mengatur tempat duduk, mobil langsung diarahkan ke kawasan Pecatu. “Jangan sampai terlambat, karena sunset akan muncul sekitar setengah lima,” ujar teman di sebelah.

Tak perlu menyesuaikan diri terlalu lama untuk mendapatkan driving experience bersama Juke. Dalam hitungan menit, Anda langsung akrab dengan karakter mobil yang merupakan perpaduan SUV dan compact sport coupe ini.

Jarak pandang keluar dari kaca depan yang sangat luas ditambah dengan posisi duduk mirip SUV ini, memudahkan pengemudi menyalip mobil-mobil yang berada di depan.

Tampilannya yang berbeda di antara mobil-mobi yang berada di jalanan, membuat sejumlah pengendara membiarkan Juke  melintas tanpa hambatan. Situasi ini  tentu saja menguntungkan, perjalanan menuju Pecatu seolah tanpa hambatan untuk menyaksikan matahari terbenam. [Habis]

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: