Skip to content

Daihatsu Luxio Laris Manis

March 4, 2009

27-02-daihatsu-luxio-02 HARAP cemas, yang muncul di jajaran marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) menyusul peluncuran Daihatsu Luxio di Jakarta, Kamis (26/2) terjawab sudah. Dalam sebuah event yang berlangsung di Serpong, akhir pekan lalu, selama dua hari ADM berhasil membukukan lebih dari 150 surat pemesanan kendaraan (SPK).

“Wah! Benar-benar sambutan yang luar biasa disaat situasi ekonomi sedang krisis seperti sekarang, kita berhasil mendapatkan SPK sebanyak itu,” komentar Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra dalam sebuah pesan singkatnya di Jakarta, kemarin.

Amel juga menegaskan, SPK yang didapatkan Daihatsu bukan sekadar SPK kosong melainkan berikut uang tanda jadi. “Kalau mereka sudah bayar tanda jadi, jarang sekali ada pembatalan. Kan, mereka yang rugi kalau SPK-nya dibatalkan,” tambah Amel.

Akankah Daihatsu Luxio menjadi mobil fenomenal? menyamai Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Innova atau mungkin Honda Jazz yang laku keras di pasar otomotif Indonesia?

Sebuah pertanyaan yang belum akan bisa terjawab dalam waktu yang relatif singkat. Masih butuh waktu, paling sedikit satu semester ke depan. Namun, respons yang disampaikan publik – terlepas dari positif atau negatif – setidaknya telah membuat jajaran marketing ADM tersenyum lebar meskipun belum membuahkan hasil nyata.

Daihatsu bukan pemain baru di kelas ini. Ketika Gran Max resmi diluncurkan pada akhir 2007, komentar dan tanggapan miring pun mencuat ke permukaan. Tapi, apa yang terjadi? Faktanya, Gran Max malah menjadi tulang punggung penjualan Daihatsu dengan menyumbang pendapatan yang tidak sedikit, Prestasi Gran Max bisa terbilang cukup sukses, buktinya mobil ini pun berlayar menuju negeri sakura di awal tahun 2008.

Seakan tak peduli dengan krisis ekonomi global yang sedang melanda dunia, Luxio pun lahir. Tidak Tanggung-tanggung, penyanyi solo papan atas tanah air, Ari Lasso pun didaulat menjadi brand ambassador dan secara spesial menciptakan lagu tema khusus (jingle) hanya untuk Luxio. 27-02-daihatsu-luxio-05

“Saya senang dengan banyak perhatian dari berbagai media masa, baik tanggapan pro dan kontra. Tapi ‘seeing is believing’, itu yang terbaik. Luxio memang lebih indah aslinya daripada fotonya, seperti wanita yang punya inner beauty. Kalau dilihat fotonya saja tidak bisa tahu betapa indahnya budi pekerti dan kepribadiannya, tapi setelah bertemu langsung bisa merasakannya,“ ungkap Amel.

Luxio berasal dari kata Luxurious sama dengan kemewahan. Mobil yang khusus dirancang untuk pasar Indonesia merupakan kendaraan penumpang baru yang stylish, mewah, lega, dan ditujukan untuk keluarga menengah atas yang telah mapan.

Vice President DMC Katsuyuki Kamio mengatakan yakin mobil delapan penumpang ini akan sukses seperti Gran Max. Meski Luxio lebih ditargetkan pada segmen keluarga bukan komersial seperti Gran Max. “Daihatsu Indonesia menjadi negara pertama yang mengekspor kendaraannya ke Jepang. Tapi untuk saat ini, Luxio hanya khusus untuk Indonesia,” katanya.

Luxio menggendong mesin 1.500 cc 3SZ-VE 16V DOHC VVT-i yang diklaim Daihatsu sebagai best selling engine dengan total penjualan nasional sebanyak 25%.

Namun, calon pembeli Luxio perlu jeli mengamati fitur-fitur yang diekspose para sales Daihatsu, karena beberapa bagian dari mobil yang dipajang adalah opsional. Misalnya, lampu depan multireflektor dengan HID atau xenon. Gril yang diberi lapisan krom hanya untuk varian X. Begitu juga dengan lampu kabut, kaca spion luar yang bisa distel dari dalam dengan menekan tombol (electric-retracgtable mirror) yang dilengkapi dengan lampu LED sebagai sinyal untuk berbelok.

27-02-daihatsu-luxio-031 Spoiler belakang dengan lampu rem, juga hanya tersedia tipe X. Begitu juga dengan seluruh jok yang dilengkapi dengan penahan kepala. Bahkan, two tone dashboard dengan ornamen pada kluster tengah juga hanya buat varian X. Parahnya lagi, transmisi otomatik dengan tuas berada di dashboard hanya ditawarkan buat tipe X. Demikian pula dengan audio Double DIN R/T+CD dengan MP3.

Fitur standar pada tipe M dan X adalah AC double blower, jok deret kedua yang bisa digeser dan sabuk pengaman untuk baris pertama sampai ketiga. Beberapa perlengkapan opsional lainnya adalah cargo tray dan cargo net, sedangkan ABS hanya opsional untuk tipe M dan X.

Dengan mengusung konsep innovative space, Luxio dirancang untuk dapat memberikan ruang dalam yang lega dengan dimensi keseluruhan kendaraan yang kompak. Ruang kabin Luxio yang terluas di kelasnya memiliki tinggi 1.300 mm dan panjang 1.288 mm.

Daihatsu Luxio dilengkapi dengan suspensi terbaru dan new stabilizer yang khusus didesain sehingga menciptakan kenyamanan dan stabilitas berkendara yang prima. Sama sekali berbeda dengan suspensi Gran Max yang banyak dikeluhkan penggunanya.

Dari sisi harga, Luxio berada di range antara Daihatsu Xenia dan Gran Max. Dengan berbagai keunggulan ini, Daihatsu Luxio dilepas dengan harga paling mahal Rp 162 juta dan paling murah Rp 136 juta, on the road Jakarta. Dan ditawarkan dengan 6 pilihan warna berbeda.

CEO PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Suparno Djasmin, mengatakan kehadiran Daihatsu Luxio semakin melengkapi jajaran produk Daihatsu. “Kami ingin menghadirkan satu kesempurnaan baru untuk berbagai aktivitas keluarga Indonesia,” jelasnya.

Akankah Luxio mampu menjadi yang terbaik?

From → Auto News

26 Comments
  1. jitz permalink

    Selamat deh buat daihatsu, makin top aja..
    dah sukses lewat xenia, terios, dan gran maxnya.. sekarang tambah sukses lagi dengan luxio-nya..
    sempet baca di koran bisnis indonesia, katanya sekarang udah nomer 2 nasional, tinggal nglewatin Toyota aja jadi nomor 1.. apa bisa ya? :-)

  2. Terakhir no 3 masih kalah ama mitsubishi, susahlah daihatsu ngalahin toyota, kan nggak
    jualan niaga, gitu boss klu menurut saya mah

  3. Ocay permalink

    Bagaimanapun selamat utk daihatsu luxio atas kehadirannya di pasar Indonesia, yg menjadi perhatian adalah dengan harga Rp 136jt s/d 162jt apakah bisa bersaing dgn APV ? soalnya APV juga memiliki model dan harga yang bagus.

  4. michele permalink

    dulu pertama kali gran max keluar di pasaran, saya sempaet naksir dengan model & harga yang cukup bisa kompromi, tapi lama kelamaan begitu saya lihat gran max dipakai utk mobil angkot & niaga langsung berpaling deh..
    mau tanya akankah LUXIO juga nantinya dipakai utk angkot & niaga, mengingat penjualan yang cukup bagus, seharusnya LUXIO jangan dipakai utk mobil angkutan/niaga, supaya banyak customer yang naksir jadi beli dan tidak takut mobilnya sama dengan angkot

  5. Nurudin permalink

    Iterior memang oke tapi penampilan luar sayang,tapi okelah disaat krisis tetap exist

  6. liel permalink

    maaf pak, mungkin harga yang tertera sudah ” on the road” bukan “off the road”..
    trims

  7. Thanks, bro!

  8. Ucok permalink

    Selamat Deh…D…
    Kenapa baru keluar sekarang ya…saya udah dari Classy,Xenia, skrg Sirion…cocok harga dgn fasilitas dan kemampuannya.Selain biaya services tdk terlalu mahal spare part juga…pas lah utk karyawan baik itu krisis atau tidak….Pengen punya lagi luxio atau tukar ya…

  9. harie permalink

    sy sedikit curiga….jangan-jangan luxio ini adalah rekondisi dari “sisa” grand max. apakah???

  10. harie permalink

    belakang ..depan sich mirip ALPHARD…..tapi sayang….body sampingnya bikin mata risih….apalagi garis pintu gesernya…

  11. Sunardi permalink

    sayang gue udeh beli granmax….

  12. makasih om. dg baca disini gw jd bisa mempelajari ttng luxio sebelum di luncurkan tgl 26. jd bisa langsung inden pertama di jogja dpt tgl 6 kemaren .dipakai keluarga jalan2 kegunung tetep santai.

  13. Ok, Siapa berminat dengan smua jenis Daihatsu bisa hubungi saya.
    Zanuarianto (anto) Sales Executive PT Astra International Tbk – Daihatsu Jakarta Kalimalang Branch HP.08128542322 / Flexi. 021 71002382
    Thanks,

    (Anto)

  14. aji permalink

    pak,tuh jok belakangnya keliatan kakinya toh?tinggi bgt lg,beda dgn xenia.walau dah ditutupin pake karpet tp tetep aja gak sedep di pandang,apa lagi waktu pintu belakang di buka,terlihat kurang rapih…….trs masalah expor daihatsu ke jepang tuh sebenarnya pake brand TOYOTA.tp kenapa di bangga2 in bgt sh.coba klo berani jual mobil ke jepang pake brand daihatsu,pasti gk bs kan…!

  15. aji permalink

    luxio emang jauh lebih bagus dari grand max.padahal sebenarnya konsepnya hampir sama dengan grandmax.cm beda di body depan ma belakang aja.backdoor aja sama dgn grand max yg baru.seolah olah luxio hanya modifikasi dari grand max.tp gw salut ma interiornya(kecuali jok belakang).kalo emang harganya di bawah xenia,berarti luxio emang murah,mengingat interiornya hampir sekelas terios.apalagi dashboardnya…keren abis.cm sayang dari dulu ampe sekarang daihatsu blm serius dlm masalah pemasangan safety di dalam mobil.paling2 cm sefety belt doang yg di pasang.sekali kali pasang air bag dong.biar pas nabrak gak langsung bonyok supirnya…

  16. subhi permalink

    salam sukses buat luxio… saya sampai kagum melihat interior dalamnya apalagi yang varian X A/T luar biasa… apa itu modivikasi dari grand max yang dilihatnya kurang enak dimata alias kaku sukses buat modivikatornya yang menetaskan luxio. semoga Daihatsu menjadi yang terdepan .

  17. Sayang bagian tengah kursi baris ke dua dan ke tiga,
    bagian yang bisa dijadikan sandaran tangan,
    tidak ada pada bagian itu yang dapat ditarik ke atas untuk menjadi sandaran kepala, jadi penumpang bagian tersebut tidak akan merasa senyaman penumpang di bagian lainnya.

    Teorinya sih hal tersebut tidak akan terlalu sulit untuk diaplikasikan, right?

  18. Dan,

    Aksesoris resminya yang telah diiklankan di brosur-brosur Daihatsu Luxio pun sulit didapatkan, walau pun di dealer resmi nya, contohnya seperti front console box, under seat tray, cargo tray, HID, dan lain sebagainya. Ini ditanyakan di dealer di Bandung.

    Seperti tidak didukung secara penuh.

  19. Rifki permalink

    iya nih, saya baru beli luxio type D premio. pengen banget belanja aksesoris Luxio susah banget ya.

    Tapi beneran loh, Luxio memuaskan banget deh. nyaman dan penumpang bisa merasakan kemewahannya.

    tampang muka dan belakang oke banget. bener2 lux deh.
    kelemahannya emang, tampang sampingnya itu agak kurang yah..mesti didandanin lagi nih hehehe terutama relnya, gede banget. kalo kayak elgrand, serena dan alphard, desainnya cerdik banget jadi relnya bisa disembunyikan.

    mungkin Luxio edisi berikut relnya di bagusin kali ya hehe

    tapi Luxio bagus kok. recommended deh. alternatif selain APV dan avanza. Apv desain bagus banget sayang bodi kurang lebar jadi terkesan cungkring alias tinggi tapi kerempeng.
    Avanza, tampilan luar juga bagus banget, sayang bagian dalamnya sempit sekali. kurang tinggi, kurang lebar.

    Luxio? jangan ditanya. legaaa banget hehehe lebar sama tingginya proporsional. lebih stabil dong pastinya.

    oya suspensinya bagus kok. nyaman deh.

    gak nyesal saya beli Luxio.

  20. heri permalink

    kalau ada yang berminat dengan produk daihatsu bisa menghubungi saya : Heri Samudro
    telp : 081806000151/0811967479/02170923569
    thx

  21. LUXIONYA LARIS MANIS, BURUAAN NANTI KEHABISAN. UNTUK INFO: CALL AJA DINO. TELEFON: 02199503722/08561992066 (SMS 24 JAM)FRANS DAIHATSU ROXY

  22. edhi permalink

    Spion mobil sya Luxio type X Elite pecah,dimana ya sya bs beli untuk daerah makassar.
    Trm ksh

  23. langsung ke dealer daihatsu di makassar aja

  24. Ronnie E permalink

    Sblumnya sya pakai apv dari 2004. sekarang ganti Luxio.. nyaman, keren, dalamnya lega, pernya empukpuk.. sayang plat body lebih tipis dari apv, tapi asyiklah.. dan daihatsu harus serius dong.. accessories jangan cuma di brosur.. harus di stok biar belinya gampang

  25. erwin permalink

    UNTUK PECINTA DAIHATSU DI SUMATRA SELATAN / PALEMBANG DAN SEKITARNYA YANG BUTUH MOBIL IRIT TAPI TANGGUH DAN NYAMAN SEPERTI LUXIO, CALL SAYA ERWIN – SENIOR SALES DAIHATSU PALEMBANG DI 081373432107 atau di FACEBOOK : daihatsupalembang@yahoo.com.

  26. salam luxiomania
    Teman pencinta LUXIO d manapun berada emang setiap produck LUXIO ada perbedaan nya. Dr tipe D.M. Dan X. saya mau bertanya k ADMIN aksesoris apa aja kepunyaan LUXIO?

    Sebelum nya Terimakasih kpd Admin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: